Jumat, 23 November 2012

ASTEROIDS DEADLY IMPACT OLEH AHLI ASTRO GEOLOGI EUGENE SHOEMAKER


Di angkasa nan jauh disana, selain terdapat planet-planet dengan bulannya dan matahari, terdapat pula benda angkasa yang berasal dari batuan angkasa. Benda ini disebut asteroid dan komet. Kedua benda ini jumlahnya ribuan. Ternyata ada seorang ahli geologi luar angkasa atau Astro Geologi, bernama Pak Eugene Shoemaker. Selain pakar asteroid, beliau juga ahli geologi dan astronomi. keahlian Pak Eugene Shoemaker dapat kita saksikan pada VCD National Geographic: Asteroids Deadly Impact.

TUBRUKAN METEOR
Pak Eugene
Shoemaker yakin kalau Bumi pernah ditubruk asteroid. Dia yakin kalau kawah di lembah Arizona, Amerika Serikat; Kota Reis Bassin di Nordingen, Jerman, adalah hasil tubrukan asteroid.
    Menurut Pak Eugene Shoemaker, bentuk permukaan daerah tersebut merupakan hasil tubrukan benda besar yang berasal dari angkasa. Pak Eugene juga bilang, mineral Coesite yang ada disana terbentuk karena hasil tubrukan dan temperatur  yang tinggi.
    Sayangnya teori Pak Eugene itu ditentang para ahli geologi dan astronomi dunia. Tapi Pak Eugene Shoemaker tidak putus asa. Ia terus mengumpulkan bukti-bukti tentang hal ini.

23 MARET 1993
Tanggal 23 Maret 1993 merupakan malam bersejarah bagi dunia astronomi. Pak Eugene Shoemaker dan Pak David Lavy secara tak sengaja berhasil memotret sebuah benda asing melalui teleskop kecil di Palomar, Amerika Serikat. Setelah diteliti benda tersebut ternyata sebuah komet.
    Komet itu kemudian diberi nama komet Shoemaker-Lavy 9. Hebatnya, komet ini dalam waktu 14 bulan (dari tanggal 23 Maret 1993) akan menubruk planet Jupiter. Apa artinya? Artinya, jika komet Shoemaker-Lavy 9 jadi menghantam planet Jupiter, teori Pak Eugene tentang bumi pernah ditubruk asteroid atau komet pada jutaan tahun lalu, benar.
    Ternyata, pada tanggal 16 Juli 1994, komet Shoemaker-Lavy 9, benar-benar menubruk planet Jupiter. Pak Eugene Shoemaker pun diakui sebagai ahli Astro Geologi ternama dunia.

DUNIA BERSATU MENGHADAPI ASTEROID
    Setelah peristiwa tanggal 16 Juli 1994 itu, para ahli astronomi, ahli geologi, ahli fisika, dan ahli persenjataan di dunia, berkumpul di Laboraturium Ruang Angkasa Lawrence-Livermore, Amerika Serikat. Mereka membahas persiapan jika asteroid atau komet besar menubruk Bumi.
    Menurut hasil pertemuan mereka, bila ada asteroid atau komet yang hendak menubruk Bumi, mereka akan menembaknya dengan peluru kendali yang berisi senjata nuklir.
    Roket yang akan membawa peluru kendali tersebut adalah roket Energia buatan Rusia.Sedangkan Amerika Serikat akan membuat bom nuklir yang besar sehingga bisa membelokkan arah asteroid atau komet tersebut.
    Sedangkan Pak Eugene Shoemaker bertugas mencari tahu asteroid dan komet yang mengarah ke Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar